• Home
  • Daftar isi
  • Tentang
  • Link

Pupuk Organik Urin Manusia

 on Senin, 07 Desember 2015  

Pupuk Organik Urin Manusia - KIR SMA Bukit Asam akan membahas cara membuat pupuk organik cair dari urin manusian sebagai salah satu inovasi yang dilakukan. Sekilas dalam pemikiran kita tentunya terlintas pemikiran jijik dan jorok ketika mendengar kata kencing atau urin manusia, apalagi harus menampungnya dalam suatu wadah tertentu. Tapi tahukah Anda, urin kita sangat bermanfaat buat tanaman jika difermentasi dan diolah bersama dengan air bekas cucian beras?


Pupuk Organik Urin Manusia
Manusia mengkomsumsi nutrisi yang lebih lengkap dan seimbang sehingga urine manusia memiliki kandungan yang lebih kompleks sebagai penyedia unsur hara bagi tanaman dibandingkan dengan urine hewan yang relatif lebih rendah. Sedangkan air bekas cucian beras memiliki kandungan karbohidrat berupa pati (85-90 persen), protein glutein, selulosa, hemiselulosa, gula dan vitamin yang tinggi. Selain itu, formulasi air cucian beras merupakan media alternatif pembawa P. fluorescens yang berperan dalam pengendalian patogen penyebab penyakit karat dan pemicu pertumbuhan tanaman.


Teknologi pembuatan urine dan sisa air pencucian beras mungkin tak banyak diterapkan, namun di SMA Bukit Asam teknik ini sedang direncanakan untuk dilaksanakan sebagai salah satu teknik organik yang mengurangi penggunaan pupuk berbahan kimiawi.  Berikut ini adalah rincian mengenai cara membuat pupuk organik cair dari urin manusia dan air sisa pencucian beras  oleh KIR SMA Bukit Asam   :
1. Siapkan wadah penampungan yang berkapasitas 10 liter. Wadah yang digunakan dapat berupa ember atau baskom, tentu saja yang memiliki ukuran besar.
2. Isi wadah dengan urine sebanyak 1 liter.
3. Jika ada limbah rumah tangga seperti sisa-sisa nasi dan sayuran (dicincang halus), bisa ditambahkan ke dalam wadah secukupnya.
4. Tuangkan 1 sloki EM4 (bakteri pengurai) agar bahan organik terfermentasi menjadi asam amino.
5. Isi wadah dengan air cucian beras sampai penuh.
6. Setelah itu tutup wadah dengan rapat untuk proses fermentasi selama 10 hari.
7. Setelah 10 hari masa fermentasi, pupuk organik cair bisa disiramkan pada tanaman kesayangan Anda.

Satu hal yang mungkin akan sangat aneh dalam pembuatan pupuk organik cair ini adalah adanya “urine” atau kencing manusia yang tentu saja akan sangat menjijikkan. Limbah urine dapat dikumpulkan dari beberapa orang dengan menampungnya. Untuk satu orang jumlah urine yang bisa dihasilkan setiap hari relatif, tergantung dari jumlah air yang ia konsumsi, namun rata-rata setiap satu orang dewasa mampu menghasilkan urine sebanyak 1,5 liter dalam sehari, jika dalam satu rumah terdapat beberapa orang maka urine akan mudah didapatkan, pun urine akan selalu ada selama kita terus hidup, karena manusia membutuhkan konsumsi air untuk menyuplai kebutuhan air tubuh dan mencegah dehidrasi.

Untuk bahan kedua yang dibutuhkan yaitu air sisa pencucian beras, di Indonesia ini tentu saja sangat mudah kita dapatkan, karena makanan pokok orang Indoenesia adalah nasi yang berasal dari beras, lalu hampir setiap hari tiap rumah tangga akan mencuci beras, maka hasil sisa pencucian beras tentu saja selalu bisa didapatkan. Mendapatkan air sisa cucian beras 10 liter tidaklah sulit, cukup kumpulkan airnya, dalam dua hari mungkin sudah dapat terkumpul, apalagi jika rumah anda memiliki anggota keluarga yang banyak, tentu saja kebutuhan makanan nasi (beras) akan lebih dan anda akan lebih sering menanak nasi.

Lalu untuk bahan EM4 (bakteri pengurai) ini dapat dibuat sendiri, ini merupakan bakteri yang dapat mempercepat proses pembusukan sampah organik untuk tujuan proses pengomposan. Untuk membuat EM4 secara alami anda dapat menggunakan bahan-bahan sebagai berikut ; pepaya matang dan kulitnya, pisang matang dan kulitnya , nanas matang dan kulitnya, kacang panjang segar, kangkung air segar batang pisang muda bagian dalam, gula pasir, dan air tuak.

Secara singkat bahan utama untuk membuat pupuk organik cair urine manusia ini cenderung mudah didapatkan, jauh dari keterlibatan bahan-bahan kimiawi yang berbahaya. Prinsip organik dalam pembuatan pupuk inilah yang salah satunya telah kami konsep untuk dilaksanakan dalam perlombaan Bukit Asam Innovation Award (BAIA).

 

Pupuk Organik Urin Manusia 4.5 5 khoiru21 Senin, 07 Desember 2015 SMA Bukit Asam Innovation Award urin manusia KIR Kelompok Ilmiah Remaja Terbaik Di Sumatra Selatan Sekolah Terfavorit Muara Enim Pupuk Organik Urin Manusia - KIR SMA Bukit Asam akan membahas cara membuat pupuk organik cair dari urin manusian sebagai salah satu inovasi...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.

Labels

Pengikut

@Copyright Khoiru21 Blog Proudly to Google
J-Theme